dropdwn

Senin, 13 Juni 2016

Perbedaan Kopi Arabica dan Robusta

Salam pecinta kopi. Kali ini akan dibahas perbedaan kopi Arabica dan Robusta. Jenis kopi Arabica dan Robusta tentunya memiliki penggemar masing-masing. Nah, kita kali ini tidak membandingkan kekurangan atau kelebihan dari kopi Arabica ataupun Robusta, karena selera kopi dari setiap orang pasti berbeda. Oke, langsung saja kita bahas.


Tahukah Anda perbedaan kopi asli dan kopi kemasan? Pada lain kesempatan akan saya bahas mengenai perbedaan kopi asli dan kemasan di artikel lainnya. Pada dasarnya kopi kemasan tidak mengandung 100% kopi murni yang akan berisiko ketika dikonsumsi berlebihan.
Sekarang kita kembali ke topik kali ini yaitu perbedaan kopi Arabica dan Robusta (Kopi Murni) Membedakan kopi Arabica dan kopi Robusta ada beberapa cara, sebelumnya sedikit saya jelaskan dalam artikel perbedaan kopi Arabica dan Robusta ini adalah rasa dan aroma kopi.


Rasa Kopi Arabica

Kopi Arabica memiliki rasa yang tajam, lebih strong, terlebih ketika diseduh. Aroma kopi Arabica sangat pekat dan khas. Berbeda dengan kopi Arabica yang cenderung ber-aroma khas, karakter kopi Robusta lebih soft, dan lembut dari segi aroma dan rasa. Kopi Robusta memiliki ciri khusus yaitu biji kopi yang ber-aroma seperti kacang-kacangan sebelum di roasted.
Kopi Arabica & Robusta Pegunungan
Perbedaan jenis kopi yang lain adalah tempat tumbuh dari kopi Arabica dan Robusta. Tanaman kopi Arabica tumbuh subur di ketinggian 700-1700 mdpl. Pada dareah pegunungan di Indonesia seperti di pegunugan Welirang banyak dibudidayakan kopi Arabica asli karena iklim dan suhu yang sangat mendukung kopi Arabica tumbuh subur. Ciri khas kopi Arabica yang tumbuh di daerah ini ialah memiliki kadar keasaman yang pas, lebih kental, pahit asli kopi, dan lebih lembut. Hal menjadi salah satu penyebab kopi arabika memiliki harga lebih tinggi di pasaran dibandingkan dengan kopi Robusta atau kopi jenis lainnya.
Sebagai penggemar kopi, kurang pas rasanya jika teman-teman belum mencicipi produk kopi lokal asli dari Indonesia, kopi Arabica dari pegunungan welirang. Rasakan sensasi kenikmatan kopi Arabica ala café di rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar