dropdwn

Senin, 13 Juni 2016

Peluang usaha kopi

Kopi merupakan salah satu minuman wajib yang banyak digemari segala usia. Peluang usaha kopi masih terbuka lebar dan potensial sebagai alternatif pilihan bahkan sebagai penghasil pundi-pundi uang bagi yang tekun dalam menjalankan usaha kopi. Ada beberapa jenis usaha kopi yang umum kita temui di Indonesia berdasarkan target pasar yang dibidik. Kali ini akan dibahas peluang usaha warung kopi, dengan modal minim untuk pemula.
peluang-usaha-kopi
Usaha Warung Kopi di Kota Besar

Peluang Usaha Kopi Untuk Pemula

Dalam melihat peluang kita mengacu beberapa aspek dasar menggunakan teori 4W 1H. Mengapa?
Sebelum menjalankan sebuah bisnis kita harus melakukan riset pasar sederhana, tetapi dengan akurasi data yang tepat. Yang pertama harus diketahui adalah alasan orang dalam membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.
  • What: Apa yang kita jual? 
Sebagai contoh membuka usaha warung kopi, berarti kita sedang menjual kopi sebagai icon utama atau produk andalan. Jadi secara sederhana kita menyimpulkan bahwa kopi yang kita jual harus memenuhi syarat 'disukai' oleh pelanggan. Ada beberapa alasan pelanggan menyukai kopi buatan warung kita seperti rasa kopi, varian kopi, manfaat kopi, dan keunikan kopi.
  • Where: Dimana membuka warung kopi?
ketika berbicara dimana, maka berkaitan dengan traffic atau lalu lintas calon pengunjung. Membuka usaha warung kopi sebaiknya memilih tempat yang strategis, dekat dengan kerumunan masyarakat, perkantoran, jalan utama dan pusat kota.

Tempat usaha warung kopi

Namum jangan berkecil hati ketika Anda belum menemukan tempat yang ideal dalam memulai usaha warung kopi, Anda dapat menciptakan 'Traffic' pengunjung dengan melakkukan berbagai pendekatan marketing seperti promosi, menjaga kualitas, menambahkan daya tarik pengunjung, dan sebagainya.
Ketika Anda memiliki pelanggan, dan memiliki kesan atau pengalaman ketika meminum kopi Anda, maka telah terjadi sebuah 'Viral marketing' secara otomatis setelah ia membeikan testimoni terhadap warung kopi Anda kepada teman-temannya.

  • When: Jam berapa warung kopi Anda mulai buka?
Konsistensi waktu dalam membuka warung kopi adalah hal yang tidak kalah penting dari menjaga kualitas rasa kopi. Pelanggan mengingat jam berapa warung kopi Anda buka dan tutup, jadi kesimpulannya adalah disiplin dalam menjalankan usaha warung kopi.
  • Why: Mengapa Anda memilih usaha warung kopi?
Pertanyaan mendasar adalah, mengapa Anda memilih untuk membuka warung kopi? Alasan yang kuat sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan peluang usaha warung kopi, ini berlaku juga ketika Anda membuka usaha apapun. Warung kopi memiliki pangsa pasar tersendiri yang hanya diketahui para pecinta kopi. Jika Anda ingin membuka usaha warung kopi, pastikan Anda menyukai kopi terlebih dahulu. Kenali apa itu kopi, Anda akan tahu siapa saja pengunjung warung kopi Anda, dan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut, serta mengetahui apa saja peluang usaha kopi lainnya.
  • How: Bagaimana memulai usaha warung kopi?
Semua kebutuhan untuk membuka usaha warung kopi sudah terpenuhi, nah sekarang tinggal bagaimana caranya? Bagaimana memulai sebuah usaha warung kopi dengan omset jutaan rupiah? Baiklah, akan dibahas pada artikel selanjutnya bagaimana cara memulai usaha kopi. Baca: Peluang Usaha Café, Kedai Kopi dan Warung Kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar