dropdwn

Senin, 13 Juni 2016

Peluang Usaha Café, Kedai Kopi, Warung Kopi

Sebelum Anda terjun dalam dunia bisnis kopi, pastikan Anda mengenal terlebih dahulu jenis usaha apa yang berkaitan dengan kopi dan bagaimana peluang usaha tersebut. Berikut penjelasan singkat jenis peluang usaha kopi mulai dari café sampai warung kopi.

Peluang Usaha Kedai Kopi

peluang-usaha-kopi-terbaru-specialty
Kedai Gang Kopi Arabica di Pasuruan
Orang dengan kecenderungan menyukai cita rasa kopi dengan detail adalah seorang penikmat kopi. Kategori konsumen kedai kopi tersebut cenderung ‘berburu’ tempat yang menyediakan kopi dengan berbagai varian dan sangat familiar dengan jenis-jenis kopi seperti Arabica & Robusta. Tren ini meluas di kota-kota besar yang kemudian banyak bermunculan tempat specialty coffee di Indonesia. Dengan menggunakan tekhnik pembuatan kopi secara manual menghasilkan cita rasa kopi asli, dan disajikan original tanpa tambahan bahan apapun. Sebagian besar pemilik kedai kopi specialty awalnya merupakan pecinta kopi yang kemudian benar-benar mendalami tentang seluk beluk kopi.

Peluang Usaha Café

Anda memiliki rekan kerja, pasangan, atau teman yang gemar nongkrong di café? Ya mereka salah satu kategori orang yang menikmati suasana dengan ditemani secangkir kopi atau menu lainnya untuk sekedar berkumpul, bersantai, bahkan melakukan pekerjaan dan mencari inspirasi di sebuah tempat yang nyaman dan memiliki fasilitas yang mendukung aktifitas mereka. Café di Indonesia adalah sebuah tempat yang menyajikan berbagai menu makanan & minuman dengan fasilitas tambahan seperti wifi, live music, dengan interior yang apik untuk mendukung tema café itu sendiri. Pengusaha café berlomba-lomba untuk menciptakan suasana yang senyaman munggkin bagi pelanggan mereka, dengan peralatan kuliner yang serba canggih serta fasilitas terbaik.
interior-cafe-terbaru
Interior cafe

Tentu saja memulai usaha café memerlukan modal yang tidak sedikit dan perhitungan bisnis yang sangat amat matang sebelum memulainya. Kesimpulannya alasan orang berkunjung ke sebuah café bukan hanya sekedar menikmati secangkir kopi namun juga membeli sebuah suasana yang berbeda dan tidak ditemukan di tempat lain.

Peluang Usaha Warung Kopi

Jika Anda tinggal di kota besar atau kota berkembang, coba sesekali Anda amati warung kopi sederhana di pinggir jalan, pasar, pusat pemukiman, lokasi kampus, dan tempat-tempat berkumpulnya masyarakat lainnya. Pernahkan Anda amati siapa saja pengunjung warung-warung kopi tersebut?
Pada siang hari sekitar pukul 12.00 sampai pukul 14.00 mayoritas pengunjung warung kopi adalah pekerja lapangan, sales, karyawan kantoran, yang melepas penat sembari menghilangkan rasa kantuk setelah setengah hari bekerja. Biasanya warung kopi memiliki menu makanan tambahan seperti mie instan, gorengan, kue dan sebagainya. Selain itu warung kopi juga menjadi wadah bertukar informasi mengenai pekerjaan, update berita dan kabar, bahkan sebagai media mempromosikan bisnis pelanggan.
Warung kopi memiliki pelanggan dengan latar belakang yang beraneka ragam, mulai dari karyawan, mahasiswa, bapak-bapak, dari segala usia, latar belakang pekerjaan serta status sosial. Kopi sebagai media berinteraksi dan bergaul dengan orang baru hanya dapat kita temui di warung kopi. Jarang sekali kita melihat fenomena berinteraksi secara lagsung antar pengunjung, maupun pengunjung dengan crew di sebuah café. Kopi selain menjadi kebutuhan konsumsi masyarakat juga menjadi sebuah kebiasaan yang secara tidak langsung terbangun oleh budaya masyarakat. Harga secangkir kopi hitam di warung kopi hanya Rp. 3000 – Rp. 5.000. Sudah jelas sekali alasan orang mengunjungi warung kopi adalah kebiasaan minum kopi dan kebutuhan akan manfaat kopi.
Nah, sekilas tentang artikel peluang usaha kopi, ingin tau lebih lanjut? Baca: Perhitungan bisnis warung kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar